Syarat dan Ketentuan

Selamat datang di website kami, www.pala.id dan/atau aplikasi mobile PALA.ID.

Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan dan dikelola oleh manajemen CV. Box Multimedia terkait penggunaan situs www.pala.id dan Aplikasi Mobile PALA. Pengguna diwajibkan membaca dengan seksama karena Syarat dan Ketentuan ini berdampak kepada hak dan kewajiban masing-masing Pengguna berdasarkan hukum.

DEFINISI

  1. CV. BOX MULTIMEDIA adalah suatu perusahaan komanditer yang didirikan menurut hukum Indonesia yang menjalankan kegiatan usaha jasa penjualan barang melalui web portal www.pala.id atau PALA, yakni situs jualan komoditas hasil pertanian, bahan sembako dan kebutuhan harian
  2. Web portal www.pala.id selanjutnya disebut sebagai PALA.ID yang dikelola dan dijalankan oleh CV. BOX MULTIMEDIA
  3. Syarat dan Ketentuan adalah perikatan yang berupa perjanjian antara masing-masing Pengguna dan CV. BOX MULTIMEDIA yang berisikan seperangkat kesepakatan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab masing-masing Pengguna dan CV. BOX MULTIMEDIA serta tata cara penggunaan sistem layanan PALA.ID.
  4. Pengguna adalah masing-masing subyek hukum yang menggunakan layanan PALA.ID, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke PALA.ID.
  5. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan pembelian atas Barang yang dijual di PALA.ID.
  6. Barang adalah barang-barang hasil pertanian atau komoditas hasil pertanian yang dijual di PALA.ID dengan menggunakan jasa mediasi atau jasa perantara dari CV. BOX MULTIMEDIA yang dapat diantar / memenuhi kriteria pengiriman oleh Perusahaan Jasa Pengiriman Barang.
  7. Perusahaan Jasa Pengiriman Barang adalah pihak ketiga yang akan digunakan oleh CV. BOX MULTIMEDIA untuk mengirimkan Barang kepada Pembeli, yang mana Perusahaan Jasa Pengiriman Barang tersebut memiliki kebijakan sendiri dalam mengirimkan barang.

KETENTUAN UMUM

  1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
  2. ID dan/atau CV. BOX MULTIMEDIA tidak bertanggung jawab atas kualitas Barang, proses pengiriman, rusaknya reputasi pihak lain, dan/atau segala bentuk perselisihan yang dapat terjadi antar Pengguna.
  3. ID dan/atau CV. BOX MULTIMEDIA selalu berusaha untuk memberikan deskripsi yang akurat tentang Barang, namun tidak bertanggung jawab atas jaminan bahwa deskripsi tersebut akurat, terkini atau bebas dari kesalahan.
  4. ID tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan dan/atau hukum yang berlaku.
  5. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
  6. ID tidak akan meminta password akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu PALA.ID menghimbau Pengguna agar tidak memberikan password akun Anda kepada pihak manapun, baik kepada pihak ketiga maupun kepada pihak yang mengatasnamakan PALA.ID.
  7. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu PALA.ID jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
  8. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa PALA.ID tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang timbul dari penyalahgunaan akun Pengguna.
  9. Harga jual Barang yang tercantum dalam PALA.ID dihitung sesuai kebijakan CV. BOX MULTIMEDIA yang dapat berubah sewaktu-waktu. Adanya biaya ekstra (termasuk pajak dan biaya lainnya) atas segala transaksi yang terjadi di PALA.ID berada di luar kewenangan PALA.ID, dan akan diurus oleh pihak-pihak yang bersangkutan sesuai ketentuan yang berlaku di Indonesia.
  10. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem PALA.ID. Pengguna juga dilarang mengirimkan e-mail spam dengan merujuk ke bagian apapun dari PALA.ID.
  11. Pengguna menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten Pengguna kedalam PALA.ID. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di PALA.ID.
  12. Pengguna setuju untuk selalu mengakses dan/atau menggunakan PALA.ID hanya untuk tujuan yang tidak melanggar hukum, dan dengan cara yang sah dan selanjutnya setuju untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan PALA.ID dengan itikad baik.
  13. Pengguna setuju untuk selalu memastikan bahwa setiap informasi atau data yang Pengguna berikan/masukkan ke PALA.ID dan/atau CV. BOX MULTIMEDIA adalah akurat dan setuju untuk bertanggung jawab atas informasi dan data tersebut. Dengan menjadi Pengguna, Pengguna akan mendapatkan beragam informasi promosi terbaru dan penawaran eksklusif dari PALA.ID, namun, Pengguna dapat berhenti berlangganan (unsubscribe) jika tidak ingin menerima informasi tersebut.
  14. Syarat dan Ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Dengan mengakses PALA.ID, Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan.
  15. Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.pala.id, maka masing-masing Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini. Syarat dan Ketentuan ini merupakan perikatan berupa perjanjian yang sah antara masing-masing Pengguna dengan CV. BOX MULTIMEDIA Jika ada Pengguna yang tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini, maka Pengguna tersebut tidak diperkenankan mengakses atau menggunakan layanan di www.pala.id dan mohon agar segera berhenti atau menutup atau keluar dari www.pala.id.
  16. Jika ada Pengguna berusia di bawah 18 tahun maka Pengguna tersebut harus memperoleh persetujuan dari orang tua atau walinya. Jika Pengguna tersebut tidak memiliki izin dari orang tua atau wali, maka Pengguna tersebut tidak diperkenankan mengakses atau menggunakan layanan di www.pala.id dan mohon agar segera berhenti atau menutup atau keluar dari www.pala.id.
  17. Pengguna tidak diperbolehkan menggunakan PALA.ID untuk melanggar peraturan yang ditetapkan oleh hukum di Indonesia maupun di negara lainnya.
  18. Selama berada dalam platform PALA.ID, Pengguna dilarang keras menyampaikan setiap jenis konten apapun yang menyesatkan, memfitnah, atau mencemarkan nama baik, mengandung atau bersinggungan dengan unsur SARA, diskriminasi, melanggar peraturan terkait perlindungan Hak Kekayaan Intelektual dan/atau menyudutkan pihak lain.
  19. Ketika Pengguna mengunggah ke PALA.ID dengan konten atau posting konten, Pengguna memberikan PALA.ID dan/atau CV. BOX MULTIMEDIA hak non-eksklusif, di seluruh dunia, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti, dapat disublisensikan (melalui beberapa tingkatan), hak untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas, merek dagang, hak basis data dan Hak Kekayaan Intelektual yang Pengguna miliki dalam konten, di media manapun yang dikenal sekarang atau di masa depan. Selanjutnya, untuk sepenuhnya diizinkan oleh hukum yang berlaku, Pengguna dengan ini setuju dan sepakat untuk mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut terhadap PALA.ID dan/atau CV. BOX MULTIMEDIA
  20. Pengguna bertanggung jawab atas segala risiko yang timbul di kemudian hari atas informasi yang diberikannya ke dalam PALA.ID, termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal yang berkaitan dengan Hak Kekayaan Intelektual.
  21. ID berhak menyesuaikan dan/atau menghapus informasi Barang, dan menonaktifkan akun Pengguna.
  22. ID dan/atau CV. BOX MULTIMEDIA (termasuk pemegang saham, komisaris, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Pengguna setuju untuk tidak menuntut PALA.ID dan/atau CV. BOX MULTIMEDIA bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, biaya, bunga, denda, keuntungan, kerugian materiil atau kerugian immateriil) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:
    1. Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan layanan PALA.ID.
    2. Harga, Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan PALA.ID.
    3. Keterlambatan atau gangguan dalam layanan PALA.ID.
    4. Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.
    5. Kualitas dan/atau kuantitas Barang.
    6. Pengiriman Barang, termasuk tapi tidak terbatas pada keterlambatan, kelalaian, dan pembatalan atas pengiriman Barang.
    7. Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.
    8. Perselisihan antar pengguna.
    9. Pencemaran nama baik pihak lain.
    10. Setiap penyalahgunaan Barang yang sudah dibeli pihak Pembeli.
    11. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain yang tidak sesuai dengan prosedur transaksi atau tata cara pembayaran yang ditetapkan PALA.ID.
    12. Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke layanan PALA.ID.
    13. Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam layanan PALA.ID.
    14. Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan setiap layanan PALA.ID.
    15. Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Barang yang ada dalam situs PALA.ID yang diduga melanggar Hak Kekayaan Intelektual.
    16. Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.
    17. Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna.
  23. Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan PALA.ID. Untuk informasi dan pengaduan, silahkan hubungi tanya@PALA.ID.

 

UNTUK PEMBELI

  1. Pembeli setuju untuk selalu menerima segala kualitas Barang yang akan dikirimkan ke Pembeli tersebut.
  2. Ongkos kirim akan dikenakan untuk pembelian Barang di PALA.ID sesuai dengan kebijakan PALA.ID yang dapat berubah sewaktu-waktu.
  3. Pembeli menyadari, memahami, mengetahui, dan menyetujui bahwa Barang dikirimkan bukan menggunakan jasa PALA.ID atau CV. BOX MULTIMEDIA melainkan menggunakan Perusahaan Jasa Pengiriman Barang yang memiliki kebijakan sendiri terkait pengiriman Barang.
  4. ID dan/atau CV. BOX MULTIMEDIA tidak memberikan jaminan apapun juga terkait ketepatan waktu pengiriman Barang.
  5. ID dan/atau CV. BOX MULTIMEDIA tidak memberikan jaminan bahwa harga Barang di PALA.ID adalah paling murah. Harga Barang di PALA.ID dapat berubah sewaktu-waktu.
  6. ID dan/atau CV. BOX MULTIMEDIA tidak memberikan jaminan terkait ketersediaan stok Barang.
  7. Segala pesanan atas Barang akan dianggap telah dibeli dan dijadwalkan untuk pengiriman apabila PALA.ID mengetahui telah menerima uang pembelian Barang tersebut dari Pembeli.
  8. Pembeli dengan ini menyetujui untuk menerima kebijakan PALA.ID terkait pengembalian uang untuk pembayaran yang terlambat, yang dapat berubah sewaktu-waktu.
  9. Pembeli menyadari, memahami, mengetahui, dan menyetujui bahwa PALA.ID dan/atau CV. BOX MULTIMEDIA tidak menerima pengembalian Barang yang diakibatkan sebab apapun juga.
  10. Pembeli menyetujui untuk menerima dan menggunakan tata cara pembayaran atau prosedur transaksi sesuai dengan kebijakan PALA.ID yang dapat berubah sewaktu-waktu dan PALA.ID memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan atas permasalahan yang terjadi pada setiap transaksi.
  11. Saat melakukan pembelian Barang, Pembeli menyetujui bahwa:
  • Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli, dimana informasi/deskripsi yang disediakan tersebut tidak dijamin 100% akurat dan hanya aproksimasi.
  • Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari Barang sebagaimana terlihat di PALA.ID tergantung pada monitor komputer Pembeli. PALA.ID telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di PALA.ID muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada PALA.ID akan akurat.
  • Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika Pengguna membeli suatu barang.
  • Pembeli tidak dapat membatalkan transaksi setelah melunasi pembayaran.
  1. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Barang (termasuk tapi tidak terbatas pada penundaan dan/atau pembatalan pengiriman Barang) yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pembeli.
  2. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya halaman PALA.ID dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pembeli adalah tanggung jawab Pembeli.
  3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening resmi PALA.ID adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
  4. Pembeli dengan ini menjamin bahwa data alamat pengiriman Barang yang diberikan atau dimasukkan kedalam sistem PALA.ID adalah benar dan valid.
  5. Pengiriman Barang akan ditujukan ke alamat tujuan pengiriman Barang yang diberikan atau dimasukkan Pembeli kedalam sistem PALA.ID. PALA.ID dan/atau CV. BOX MULTIMEDIA tidak menjamin bahwa Barang tersebut akan diterima oleh nama si tertuju yang diberikan atau dimasukkan Pembeli kedalam sistem PALA.ID. Pembeli secara tegas menyetujui bahwa PALA.ID dan/atau CV. BOX MULTIMEDIA atau Perusahaan Jasa Pengiriman Barang tidak akan menunggu seseorang untuk menandatangani resi tanda terima Barang.

 

LAIN-LAIN

  1. Syarat dan Ketentuan ini yang merupakan perjanjian antara setiap Pengguna dan CV. BOX MULTIMEDIA akan diatur menggunakan hukum Indonesia.
  1. Jika suatu saat ada ketentuan pada Syarat dan Ketentuan ini yang menjadi ilegal, tidak sah atau tidak dapat diterapkan dalam hal apapun, maka legalitas, validitas dan keberlakuan dari ketentuan lainnya dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak akan terpengaruh atau berkurang karenanya, dan akan terus berlaku.
  2. ID adalah berhak meminta data-data pribadi Pengguna jika diperlukan. PALA.ID memiliki dan mempertahankan kebijakan privasi yang menjelaskan dan menetapkan kewajiban para pihak untuk menghormati informasi pribadi. Pengguna disarankan membaca Kebijakan Privasi PALA.ID di Kebijakan Privasi, dan Pengguna akan dianggap sudah menyetujui kebijakan itu saat Pengguna menyetujui Syarat dan Ketentuan ini. Dengan ini juga disepakati bahwa Kebijakan Privasi tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Syarat dan Ketentuan ini.
  1. PALA BAKTI INDONESIA berhak untuk mendelegasikan atau sub-kontrak kinerja dari setiap fungsi PALA.ID, sehubungan dengan layanan PALA.ID, dan berhak untuk menggunakan penyedia layanan, subkontraktor dan/atau agen pada setiap hal sebagaimana CV. BOX MULTIMEDIA anggap pantas.
  1. Jika terjadi perselisihan maka Pengguna harus terlebih dahulu menghubungi PALA.ID secara langsung agar dapat melaksanakan perundingan atau musyawarah untuk mencapai kesepakatan yang baik bagi kedua belah pihak.
  2. Sebelum menghubungi PALA.ID secara langsung untuk melakukan perundingan atau musyawarah untuk penyelesaian masalah atau sengketa, Pengguna setuju untuk tidak mengumumkan, membuat tulisan-tulisan di media online maupun cetak terkait permasalahan tersebut yang dapat menyudutkan PALA.ID (termasuk pemegang saham, komisaris, direktur, karyawan dan agen).
  3. Apabila dalam waktu 1 (satu) bulan setelah dimulainya perundingan atau musyawarah tidak mencapai kesepakatan, maka setiap Pengguna dan CV. BOX MULTIMEDIA sepakat untuk menyelesaikan perselisihan tersebut melalui Pengadilan Negeri dengan juga menarik pihak-pihak terkait, termasuk namun tidak terbatas pada Perusahaan Jasa Pengiriman Barang, atau agen PALA.ID lainnya, sesuai dengan hukum acara perdata yang berlaku di Indonesia.